Ayo Belajar jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil, Belajar Apa Sih?
Dalam urusan bangun-membangun, seorang Sarjana Teknik Sipil ialah jagonya. Bila anda berkeinginan “membangun negeri ini” dalam arti yang sebetulnya, masuk ke jurusan Teknik Sipil ialah alternatif yang paling ideal.

Namun apa sebetulnya Jurusan Teknik Sipil ini? Apa saja yang dipelajari dan bagaimana dengan prospek kerjanya? Dalam artikel Duniailkom kali ini saya akan membahas pengertian jurusan Teknik Sipil, mata kuliah yang akan dipelajari, alternatif kampus terbaik serta prospek kerja untuk alumni dari sarjana Teknik Sipil.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi adik-adik alumni SMA/SMK yang berkeinginan melanjutkan ke program studi Teknik Sipil.

Pengertian Jurusan Teknik Sipil

Secara simpel, Teknik Sipil ialah jurusan https://ku-institute.id/ yang akan mendidik anda menjadi seorang “mandor proyek infrastruktur“. Infrastruktur yang dimaksud sungguh-sungguh berbagai mulai dari bangunan, rumah, gedung bertingkat, jalan raya, jembatan, pelabuhan, bandar udara, dan masih banyak lagi.

Teknik Sipil ialah ilmu terapan yang mencakup teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta membetulkan bangunan. Di luar negeri, jurusan teknik sipil ini diketahui sebagai Civil Engineer. Ruang lingkup jurusan Teknik Sipil tidak cuma konsentrasi pada pembuatan bangunan saja, tapi juga bagaimana sistem memilih material yang cocok, mengontrol sumber daya air hingga merancang desain konstruksi.

Seorang sarjana Teknik Sipil juga mempunyai tanggung jawab yang besar sebagai manajer konstruksi yang nantinya mengawasi aktivitas dan performa keseluruhan orang yang terlibat dalam suatu proyek pembangunan. Sehingga tidak heran dalam prakteknya nanti juga perlu skill manajemen untuk mengelola pekerja, jadwal shift kerja, kalkulasi bahan dan peralatan yang dibutuhkan serta menelaah akibat lingkungan yang mungkin terjadi.

Kecuali membangun bangunan baru, tugas seorang spesialis Teknik Sipil juga mencakup pemeliharaan dan koreksi bangunan yang telah ada. Suatu bangunan bisa mengalami perubahan fungsi atau penurunan keadaan selama masa pakainya, terpenting jika terjadi keadaan petaka alam. Para spesialis Teknik Sipil semestinya bisa mengevaluasi apakah gedung masih cocok digunakan atau semestinya dibenarkan atau pun semestinya diganti karena dikhawatirkan bisa ambruk sewaktu-waktu.

“Teknik Sipil ialah ilmu terapan yang mencakup teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta membetulkan bangunan. Bangunan yang dimaksud di sini sungguh-sungguh berbagai, mulai dari bangunan rumah simpel dan gedung-gedung bertingkat, jembatan, bendungan, hingga bangunan sarana dan prasarana transportasi, jembatan, bendungan, pengairan, prasarana produksi, hingga bangunan-bangunan lepas pantai seperti pada fasilitas pengeboran minyak lepas pantai, serta berbagai fasilitas pembangkit dan transmisi daya.”

Dan berikut definisi jurusan Teknik Sipil

“Teknik Sipil ialah disiplin ilmu teknik yang paling lama dan mencakup banyak spesialisasi. Teknik Sipil bisa digambarkan sebagai aplikasi dari teknik ke dalam komunitas Sipil.

Teknik Sipil menggunakan prinsip-prinsip teknik untuk memenuhi kebutuhan dasar komunitas dalam hal perumahan, transportasi, sanitasi dan kebutuhan lain dalam komunitas modern. Teknik Sipil berkaitan dengan perancangan, konstruksi dan pemeliharaan bangunan jasmaniah dan lingkungan termasuk di dalamnya ialah jalan, jembatan, kanal, bendungan dan bangunan serta tantangan lainnya seperti memburuknya infrastruktur, kabar lingkungan yang kompleks, sistem transportasi yang telah tertinggal jaman dan petaka alam.”